Saturday 1 April 2017

15 logo terkenal di dunia dan makna tersembunyi yang terkandung di dalamnya

Dilihat sekilas, sepertinya membuat sebuah logo adalah hal yang mudah. Tinggal corat coret saja. Namun siapa sangka dibalik sebuah logo itu terdapat proses yang rumit. Bahkan ada yang dilombakan dan bisa dihargai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Coba saja anda search di google tentang lomba desain logo seperti di sribu.com atau 99design, anda pasti terpana dengan jumlah hadiah yang ditawarkan. Memang demikian adanya.

Lihatlah logo-logo dari beberapa perusahaan terkenal di bawah ini. Sekilas memang terlihat seperti biasa saja, namun jika diperhatikan dengan seksama maka anda akan ditemukan arti yang sangat mendalam. Logonya didesain dengan sangat teliti dan hati-hati sehingga bisa menimbulkan makna yang mendalam.


Logo-logo yang akan disajikan ini sangat inspiratif yang akan bermain-main dengan  imajinasi anda dan akan membuat anda menganggukkan kepala sambil tersenyum dan berkata WUUAOOO LUARRR BIASSSSAAA !!!

1. FedEx

Fedex merupakan perusahaan di bidang penyedia jasa pengiriman asal amerika serikat. Jika dilihat sekilas itu seperti hanya tulisan biasa yang terdiri dari dua warna saja. Namun jika anda perhatikan lebih teliti maka anda akan menemukan gambar anak panah ke arah kanan (ada diruang kosong antara huruf E dan x). Arah panah ke kanan ini bermakna kecepatan, keakuratan dan pentingnya perkembangan ke depan.


1    2. BASKIN ROBBINS
Baskin robbins adalah waralaba makanan internasional yang mengkhususkan dalam eskrim.
Bisakah anda menemukan keunikan dari logonya?? Ya benar sekali. Di huruf B dan R itu ada bagian yang diberi warna pink dan jika diperhatikan dengan baik maka akan terlihat angka 31. Angka 31 ini sendiri berarti waralaba ini menyediakan 31 varian rasa eskrim. Luar biasa bukan??

3. F1

Hampir semua orang pasti mengetahui olahraga balap yang satu ini. Olahraga yang mngkhususkan di lomba balap mobil ini sangat digemari. 
Logonya sekilas seperti hanya huruf F dan garis-garis merah. Tapi ternyata logo ini menyimpan maksud yang sangat mencirikan F1. Lihatlah ruang diantara huruf F dan garis-garis merah. Anda pasti akan menemukan angka 1 dan jika digabung akan huruf F maka kan menjadi F1. Sedangkan garis-garis merah yang ada menggambarkan kecepatan mobil-mobil F1

4. AMAZON

Lihatlah garis kuning yang membentuk anak panah itu. Garis panah yang terlihat sederhana itu ternyata menyimpan 2 makna yang sangat mengagumkan. Yang pertama melambangkan senyum kepada pelanggan dan yang kedua melambangkan keragaman produk yang ditawarkan oleh amazon (mulai dari a sampai z)

5. CARREFOUR

Bisakah anda melihat huruf C sebagai inisial Carrefour pada logo tersebut ??? kalau tidak bisa melihat, cobalah anda memperhatikan ruang yang terbentuk didalam logo tersebut. Pasti anda akan menemukan huruf C yang terbentuk dengan sangat indah. Selain huruf C, terdapat dua arah yang mengarah ke kanan dan ke kiri. Ini sebenarnya menjelaskan makna kata CARREFOUR dalam bahasa perancis yang berarti persimpangan. Dan warna yang digunakan dalam logo tersebut adalah warna ciri khas dari negara prancis.

6. TOBLERONE

Toblerone sebenarnya adalah salah satu perusahaan coklat dari swiss. Logonya terlihat seperti hanya menggambarkan gunung saja. Namun jika dilihat dengan seksama maka akan ditemukan gambar beruang di tengahnya (yang dikasih warna merah). Beruang sendiri adalah simbol dari kota Bern. Kota yang merupakan tempat awal pembuatan toblerone

7. SUN MICROSYSTEM


 Sun Microsystem adalah perusahaan produsen semikonduktor dan perangkat lunak yang bermarkas di santa clara, california.
Logonya terbilang unik karena memiliki konsep ambigram yakni sebuah bentuk desain permainan huruf atau bentuk suatu kata akan dapat dibaca dari berbagai macam sudut atau pandangan. Dan logo itu membentuk kata SUN yang bisa dibaca dari berbagai arah

8. NBC

Terlihat seperti logo biasa dengan kombinasi beberapa warna namun sadarkah kalian kalau logo tersebut membentuk seekor burung merak??warna-warna tersebut melambangkan bulu merak yang beraneka ragam dengan kepala menghadap ke kanan.
Karena hal inilah maka NBC dikenal sebagai peacock network (jaringan merak). 6 warna bulu ekor melambangkan 6 divisi dan kepala menghadap ke kanan yang berarti selalu melihat ke depan

9. My Fonts

My fonts memiliki logo yang unik. Coba anda perhatikan kata My. Jika diperhatikan dengan baik maka anda akan mendapatkan gambar telapak tangan yang terbuka yang siap menggenggam sesuatu. Sebenarnya ini maksudnya adalah perusahaan my font sudah memberikan kebebasan kepada siapapun untuk menggunakan font font yang mereka hasilkan

10. VAIO SONY

Vaio adalah salah satu brand yang terkenal dari SONY.
Logonya sudah menjadi sesuatu yang sangat terkenal, namun dibalik logonya yang terkesan minimalis ini tersimpan makna dan pengetahuan yang sangat dalam. Dalam bidang teknologi anda sering mendengar kata analog dan digital. Nah di dalam logo vaio ini menggambarkan dua istilah ini. Di huruf VA dibuat menyerupai gelombang yang merupakan ciri khas dari teknologi analog. Sedangkan IO dibuat mirip angka 1 dan 0 yang berarti 2 digit binary komputer yang melambangkan teknologi digital

11. GOODWILL

Goodwill adalah salah satu perusahaan nirlaba yang kegiatannya menolong orang-orang yang tidak mampu. Logo itu memperlihat setengah wajah yang sedang tersenyum (seperti seorang yang mengintip sambil tersenyum). Dan jika diperhatikan dengan teliti lagi, anda akan mendapatkan bentuk setengah wajah tersenyum yang sedang mengintip tersebut sama seperti hurug G di tulisan goodwill

12. PICASSA

Picassa adalah sebuah perusahaan yang yang bergerak di bidang image editting dan photo sharing. Perusahaan yang sudah di akuisisi google ini memiliki logo yang sederhana. Picassa sendiri adalah permainan kata yang tetap mengacu pada konsepnya yaitu merupakan rumah bagi foto anda. Di spanyol kata casa sendiri berarti rumah. Dan di logo tersebut simbol rumah terdapat di tengah-tengah gambar. Apa anda bisa melihatnya??

13. THE BRONX ZOO

Bronx zoo adalah sebuah kebun binatang yang terdapat di new york. Di logo tersebut terlihat dengan jelas gambar jerapah dan burung. Namun tahukan anda bahwa ada sesuatu yang menggambarkan kekhasan newyork di gambar tersebut??? Coba anda perhatikan ruang antara kaki jerapah, disitu terlihat dengan jelas gambaran kota (Cityline) Newyork yang dipenuhi gedung-gedung tinggi.

14. SPARTAN GOLF KLUB

Ini memang logo dari sebuah klun golf. Terlihat dari orang yang sedang memegang dan memukul tongkat golf. Namun jika dilihat dari sisi yang berlawanan maka anda akan melihat gambaran wajah seorang spartan lengkap dengan helmnya (gambar objek putus-putus adalah helm yang dikenakan seorang spartan dan siku tangannya membentuk hidung)

1.    15. ELETTRO DOMESTICO


Merupakan sebuah perusahaan listrik terkenal di italia. Logo yang unik ini dirancang oleh Gianni Bortolotti. Logo ini benar-benar menggambarkan ciri khas dari sebuah perusahaan listrik yaitu membentuk sebuah colokan. Dan jika diperhatikan dengan baik di bagian area warna biru maka anda akan menemukan huruf E dan D sebagai insial dari perusahaan




No comments:

Post a Comment